Journal of Agriculture and Animal Science

Journal of Agriculture and Animal Science is online journal system hosted by Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Journal of Agriculture and Animal Science publishes the results of research and original reviews related to the biosciences, biotechnology, and biological resources in the fields of agriculture and animals science. Journal of Agriculture and Animal Science covers a variety of research topics : Agriculture includes crop cultivation and engineering, plant breeding and biotechnology, crop and land management technology, agricultural ecosystems, exploration of fertilizers and pesticides, plant pests, all agricultural agribusiness activities (the manufacture and distribution of farm supplies, production on farm, and marketing), counseling and farming empowerment, Animal Husbandry includes nutrition, feed science, feed technology, livestock production, management and the environment, breeding and genetics, reproduction and physiology, livestock biotechnology, livestock health, livestock product technology, and livestock socio-economics. The journal is published 2 (two) times a year, i.e. Mei and Oktober.

Current Issue

Articles

PENGARUH JARAK TANAM DAN PENAMBAHAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN JUMLAH ANAKAN PADI MSP 13 DI LAMPUNG TENGAH

Salah satu upaya meningkatkan produksi padi di Indonesia dengan pemberian biochar dan penerapan jarak tanam pada padi MSP 13. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengaturan jarak tanam dan aplikasi biochar terhadap tinggi tanaman padi MSP 13, dan jumlah anakan padi MSP 13. Rancangan yang digunakan yakni Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial (3x2) dengan 3 ulangan. Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan Uji Beda NyataTerkecil (BNT) pada taraf 5%. Variabel yang diamati tinggi tanaman padi MSP 13 dan jumlah anakan padi MSP 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan J1B1 pada saat padi berumur 20 HSS, 35 HSS, dan 65 HSS menghasilkan tanaman yang lebih tinggi dibandingan dengan perlakuan lain. Pada pengamatan jumlah anakan tanaman padi MSP 13 menunjukkan  20 HSS, 35 HSS dan 65 HSS berkisar antara  3,33 - 35 anakan per rumpun. Simpulan dari penelitian ini yakni perlakuan jarak tanam dan aplikasi biochar tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman padi MSP 13, perlakuan jarak tanam dan aplikasi biochar tidak berpengaruh terhadap jumlah anakan padi MSP 13, perlakuan B1 (pemberian biochar 5000 kg ha-1) mampu meningkatkan tinggi tanaman dan jumlah anakan padi MSP 13 dibandingkan dengan tanpa pemberian biochar, jarak tanam yang dianjurkan untuk budidaya tanaman MSP 13 yaitu 30x25 cm dan 25x25 cm.
Nyang Vania Ayuningtyas Harini, Dian Lestari, Rio Dewantara

EFEK CURCUMA DAN ALLIUM SATIVUM TERHADAP KADAR LEMAK ABDOMEN DAN KOLESTEROL DARAH AYAM RAS PEDAGING

Tujuan penelitian ini untuk melihat interaksi pemberian tepung curcuma dan Allium Sativum dalam ransum terhadap kadar lemak abdomen dan kadar kolesterol darah broiler. Metode yang digunakan yakni metode eksperimental dengan analisis Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial. Faktor pertama yakni level tepung curcuma 0%, 0,5% dan 1% sedangkan faktor kedua yakni level pemberian tepung Allium Sativum 0%, 0,5% dan 1%, setiap faktor terdiri dari 3 ulangan. Hasil penelitian memperlihatkan pemberian tepung curcuma dan Allium Sativum tidak signifikan (P > 0,05) terhadap bobot akhir, lemak abdomen, dan kolesterol darah.
Berlin Jaya Tel, Dian Lestari, Ayu Sri Endayani, Jonathan Anugrah Lase, Novita Ardiarini

ANALISIS PEMASARAN USAHA KERIPIK SUKUN “DUA PUTRI” DI DESA BARU KECAMATAN MANGGAR KABUPATEN BELITUNG TIMUR

Keripik sukun merupakan salah satu usaha yang cukup diminati. Keripik sukun memiliki cita rasa yang nikmat. Konsumen keripik sukun semakin meningkat seiring meningkatnya variasi rasa dan olahan buah sukun. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui saluran pemasaran yang diterapkan pada UMKM “Dua Putri”, merumuskan strategi dan kendala kreasi-pemasaran kreasi keripik sukun. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran nol tingkat dan saluran pemasaran 1 tingkat. Strategi yang dapat diterapkan yakni mempertahankan hubungan antar karyawan, mempertahankan kualitas bahan dasar, mempertahankan kualitas kreasi, meningkatkan SDM guna menghasilkan kreasi berkualitas, menyediakan mesin kasir, meningkatkan citarasa kreasi, menyediakan lebih banyak sarana promosi, menciptakan inovasi kreasi, meningkatkan promosi dan melakukan inovasi dalam pemasaran. Kendala yang dihadapi oleh UMKM “Dua Putri” yaitu kompetisi dalam  kreasi yang sama, kompetisi dalam  harga, harga dan ketersediaan bahan dasar yang tidak stabil, serta SDM yang rendah.
Yulia, Boby Arya Putra

PERKEMBANGAN IMPOR BERAS DI INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perkembangan impor beras di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan studi kasus di Indonesia. Data perkembangan impor beras yang diamati dalam batas waktu 10 tahun terakhir (2010-2019). Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan data yang diobservasi, impor beras di Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2018 hingga 2019. Beberapa aspek yang mempengaruhi tingkat impor beras di Indonesia, diantara lain pertumbuhan penduduk serta harga beras dalam negeri. Akibatnya tingkat konsumsi lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat produksinya.
Feby Musti Ariska, Bagus Qurniawan

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEH DAUN GAHARU “ALIANA” DI DESA SIMPANG PERLANG, KECAMATAN KOBA, KABUPATEN BANGKA TENGAH

Penduduk Indonesia sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Salah satu pertanian yang berpotensi sebagai industri ekonomis yakni industri teh daun gaharu. Teh daun gaharu merupakan salah satu teh yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Di Bangka Tengah terdapat UMKM yang dapat memproduksi teh daun gaharu yang cukup diminati masyarakat lokal, namun peluang bisnis tersebut masih dalam skala lokal. Tujuan penelitian in adalah merumuskan strategi pengembangan usaha teh daun gaharu di UMKM “Aliana” di Desa Simpang Perlang Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah dalam meningkatkan peminat kreasi teh daun gaharu. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan situasi yang sedang atau dihadapi atau mungkin akan dihadapi oleh organisasi atau usaha menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menggunakan matriks SWOT menunjukkan bahwa usaha teh daun gaharu “Sirup Aliana” memliki potensi sebagai industri yang menguntungkan karena memiliki cita rasa unik dan merupakan kreasi langka. Strategi pengembangan usaha teh daun gaharu yang dapat dilakukan antara lain : melakukan promosi, melakukan pelayanan yang memuaskan, menerapkan teknologi produksi, melakukan perluasan pemasaran, mendaftarkan ke BPOM, membuat inovasi kreasi produk, tambahan modal, konsisten dalam kualitas, serta mempertahankan cita rasa, meningkatkan kualitas produk, dan menambah variasi baru.
Yulia