Eksponen

Eksponen (P-ISSN: 2085-966X and E-ISSN: 2657-1552) has been published since 2017 by Sentra Kekayaan Intelektual in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original papers researching that focus on education and mathematic. The editorial team has the right to edit every submitted manuscript without changing the substance of the article. Posts that are not published can be requested back.

Readmore

Current Issue

Eksponen (P-ISSN: 2085-966X and E-ISSN: 2657-1552) has been published since 2017 by Sentra Kekayaan Intelektual in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original papers researching that focus on education and mathematic. The editorial team has the right to edit every submitted manuscript without changing the substance of the article. Posts that are not published can be requested back.

ISSN
2085-966X (printed) | 2657-1552 (online)
Published
2024-04-30
Accreditation
sinta-5

Articles

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII pada Salah Satu SMP Negeri di Bandung

Satu dari sekian banyak masalah dalam belajar matematika ialah ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dasar dari kegiatan belajar matematika adalah kemampuan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini ialah guna mengevaluasi penguasaan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Bandung berdasarkan tahapan Polya untuk materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Soal tes digunakan sebagai metode pengumpulan data yang berkaitan relasi dan fungsi kepada siswa, sehingga jawaban mereka dapat dievaluasi dengan menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) siswa menunjukkan kemampuan memecahkan masalah dengan menyatakan apa yang mereka ketahui pada soal, tetapi menunjukkan kurangnya kebiasaan menuliskan apa yang ditanyakan pada tahap memahami masalah; (2) sebagian besar siswa mampu memformulasikan variabel dan memodelkan masalah pada tahap mengembangkan rencana penyelesaian; (3) Sebagian siswa melakukan kekeliruan dalam perhitungan selama tahap pelaksanaan rencana; dan  (4) siswa cenderung membuat kesimpulan tanpa mengevaluasi kembali hasil yang mereka peroleh selama tahap memeriksa kembali. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Bandung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cukup.

Pengembangan E-Modul pada Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa pengembangan E-Modul pada kegiatan LKMM-TM. Kegiatan LKMM-TM adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan perguruan tinggi yang memberikan pengetahuan dan pelatihan soft skill kepada mahasiswa. Kegiatan LKMM-TM ini juga menjadi salah satu program rutin yang digagas dan dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pengembangan e-modul LKMM-TM ini dilengkapi beberapa fitur fitur menarik sehingga memudahkan peserta untuk belajar mandiri dan menyeangkan Penelitian pada pengembangan LKMM-TM ini menggunakan metode ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini juga telah melakukan serangkaian uji diantaranya: (1) uji kelayakan produk oleh para ahli, (2) uji rekan keefektifan oleh rekan sejawat, (3) uji kepraktisan menggunakan kelas kecil dan kelas besar untuk mengukur kepraktisan dan manfaat bagi produk. Berdasarkan uji validasi para ahli, uji coba rekan sejawat, dan ujicoba kelas kecil dan besar, maka produk pengembangan e-modul pada kegiatan LKMM-TM ini dinyatakan sangat layak untuk membantu pembelajaran.

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP di Bandung

Kemampuan berpikir kreatif adalah suatu keterampilan seseorang untuk menghasilkan ide-ide inovatif dari pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal yang mencakup aspek seperti kesadaran diri, keinginan untuk mencoba hal baru, dan motivasi internal. Di sisi lain, faktor eksternal melibatkan dukungan dari lingkungan sekitar, termasuk dukungan dari orangtua. Melalui berpikir kreatif, seseorang melibatkan proses penemuan yang dikenal sebagai insight. Penelitian ini membahas tentang kemampuan berpikir kreatif dalam matematika siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Bandung. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes tertulis sebanyak lima pertanyaan esai pada materi “Koordinat Kartesius” yang mencakup indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration) (Darwanto, n.d.). Pada penelitian ini terdapat satu siswa yang sangat kreatif, dua kreatif dan satu kurang kreatif. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kemampuan kreatif siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih maksimal.

Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Problem Based Learning Materi Bentuk Aljabar

Development (R&D) research using research procedures using the ADDIE development model which includes five stages (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data collection techniques in this study used interviews, questionnaires, and tests. The subjects of the study were students of grade VII SMP N 44 Palembang. The results of this study show that valid E-Modules are seen based on the assessment of validation questionnaire sheets from validators obtained that the developed e-modules are declared very valid with a validity percentage of 88.26%. Practical E-Modules are seen based on the assessment of student response questionnaires, it is found that the e-modules developed are declared very practical with a percentage of practicality of 85.76%. An effective E-Module can be seen from the results of students' answers to the learning outcomes test with the percentage of student learning outcomes tests reaching 81.6% which is included in the very good category.

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika

Era revolusi industri 4.0 merupakan era pesatnya perkembangan teknologi yang ditandai dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu pemerintah selalu melakukan penyempurnakan kurikulum agar dapat mengimbangi pesatnya perkembangan tersebut, seperti halnya kurikulum 2013 telah diubah dan disempurnakan dengan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum Merdeka belajar dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII UPT SMP N 3 Pringsewu yang yang terbagi dari VI kelas. Teknik pengembilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel penelitian siswa kelas VII.5 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.4 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum Merdeka lebih lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum 2013.

Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 12 Kotabumi Pada Materi Statistika

Kurangnya kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 12 Kotabumi pada materi statistika menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis bentuk visual, simbolik dan verbal siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kotabumi pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek berjumlah 6 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti, instrumen tes, dan pedoman wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan representasi matematis bentuk visual kelompok tinggi mampu memenuhi indikator visual dengan tepat dan benar. Sedangkan kelompok sedang dan rendah mampu memenuhi indikator visual, namun diagram yang dibuat masih belum tepat (2) Kemampuan representasi matematis bentuk simbolik kelompok tinggi dan sedang sudah mampu memenuhi indikator simbolik, namun siswa kurang teliti dalam menyelesaikan permasalahan. Sedangkan kelompok rendah belum memenuhi indikator simbolik yaitu siswa tidak menyelesaikan permasalahan yang diberikan. (3) Siswa dari kelompok tinggi mampu memenuhi indikator verbal. Siswa dari kelompok sedang dengan kode S1 memenuhi indikator verbal, namun siswa dengan kode S2 belum mampu memenuhi indikator verbal. Untuk kelompok rendah siswa belum mampu memenuhi indikator verbal.

Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Open-Ended Kelas VIII SMP

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis pendekatan open-ended berbantuan aplikasi flipbook dalam memahami konsep lingkaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian menghasilkan produk E-LKPD berbasis pendekatan open-ended pada materi lingkaran. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Tahap uji coba produk dilakukan kepada 30 peserta didik kelas VIII D MTs Ma'arif 02 Kota Gajah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Hasil penilaian dari validasi ahli materi dan ahli media menghasilkan nilai rata-rata persentase 93,05% dengan kriteria validasi yaitu “Sangat Valid”. Hasil analisis dari angket respon peserta didik pada tahap uji coba terbatas memperoleh rata-rata persentase sebesar 85,55% dengan kriteria kepraktisan “Sangat Praktis”. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Open-Ended valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi CBT dalam Mutu Layanan di SMK

Ujian dengan menggunakan cara konvensional atau kertas  memiliki banyak kekurangan meliputi rawan dalam penyiapan bahan ujian, penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan ujian, perlu langkah scanning LJK dan scoring, membutuhkan biaya banyak, tenaga, waktu. Perlu adanya strategi penggunaan CBT dalam ujian agar lebih efektif dan efisien. Dalam pelaksanaan ujian dengan menggunakan CBT, siswa akan merasakan secara langsung sehingga akan memiliki suatu pandangan atau persepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi CBT dalam mutu layanan pendidikan khususnya dalam proses ujian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan CBT sebagai media yang di gunakan dalam pelaksanaan ujian semester berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat melalui angket repon siswa, yang menunjukkan hampir 78% siswa merasa senang saat mengikuti ujian semester manggunakan CBT. Selain itu pengoperasiaan CBT yang mudah membuat pelaksanaan ujian menggunakan CBT lebih parktis dan efisien.

Indexer Sites