Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP di Bandung

Published: Apr 30, 2024

Abstract:

Kemampuan berpikir kreatif adalah suatu keterampilan seseorang untuk menghasilkan ide-ide inovatif dari pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal yang mencakup aspek seperti kesadaran diri, keinginan untuk mencoba hal baru, dan motivasi internal. Di sisi lain, faktor eksternal melibatkan dukungan dari lingkungan sekitar, termasuk dukungan dari orangtua. Melalui berpikir kreatif, seseorang melibatkan proses penemuan yang dikenal sebagai insight. Penelitian ini membahas tentang kemampuan berpikir kreatif dalam matematika siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Bandung. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes tertulis sebanyak lima pertanyaan esai pada materi “Koordinat Kartesius” yang mencakup indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration) (Darwanto, n.d.). Pada penelitian ini terdapat satu siswa yang sangat kreatif, dua kreatif dan satu kurang kreatif. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kemampuan kreatif siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih maksimal.

Keywords:
1. Berpikir Kreatif Matematis
2. Koordinat Kartesius
Authors:
1 . Gavrila Tamariska
2 . Zahra Fadhila Rahman
3 . Restika Farhany
4 . Aan Hasanah
5 . Tatang Herman
How to Cite
Gavrila Tamariska, Rahman, Z. F., Restika Farhany, Aan Hasanah, & Tatang Herman. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP di Bandung. Eksponen, 14(1), 21–29. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1034

Downloads

Download data is not yet available.