Eksponen

Eksponen (P-ISSN: 2085-966X and E-ISSN: 2657-1552) has been published since 2017 by Sentra Kekayaan Intelektual in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original papers researching that focus on education and mathematic. The editorial team has the right to edit every submitted manuscript without changing the substance of the article. Posts that are not published can be requested back.

Readmore

Current Issue

Eksponen (P-ISSN: 2085-966X and E-ISSN: 2657-1552) has been published since 2017 by Sentra Kekayaan Intelektual in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original papers researching that focus on education and mathematic. The editorial team has the right to edit every submitted manuscript without changing the substance of the article. Posts that are not published can be requested back.

ISSN
2085-966X (printed) | 2657-1552 (online)
Published
2024-03-09
Accreditation
sinta-5

Articles

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI CBT DALAM MUTU LAYANAN DI SMK

Ujian dengan menggunakan cara konvensional atau kertas  memiliki banyak kekurangan meliputi rawan dalam penyiapan bahan ujian, penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan ujian, perlu langkah scanning LJK dan scoring, membutuhkan biaya banyak, tenaga, waktu. Perlu adanya strategi penggunaan CBT dalam ujian agar lebih efektif dan efisien. Dalam pelaksanaan ujian dengan menggunakan CBT, siswa akan merasakan secara langsung sehingga akan memiliki suatu pandangan atau persepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi CBT dalam mutu layanan pendidikan khususnya dalam proses ujian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan CBT sebagai media yang di gunakan dalam pelaksanaan ujian semester berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat melalui angket repon siswa, yang menunjukkan hampir 78% siswa merasa senang saat mengikuti ujian semester manggunakan CBT. Selain itu pengoperasiaan CBT yang mudah membuat pelaksanaan ujian menggunakan CBT lebih parktis dan efisien.

Indexer Sites