Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika

Published: Apr 30, 2024

Abstract:

Era revolusi industri 4.0 merupakan era pesatnya perkembangan teknologi yang ditandai dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu pemerintah selalu melakukan penyempurnakan kurikulum agar dapat mengimbangi pesatnya perkembangan tersebut, seperti halnya kurikulum 2013 telah diubah dan disempurnakan dengan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum Merdeka belajar dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII UPT SMP N 3 Pringsewu yang yang terbagi dari VI kelas. Teknik pengembilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel penelitian siswa kelas VII.5 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.4 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum Merdeka lebih lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika siswa pada implementasi kurikulum 2013.

Authors:
1 . Rona Muthi Jauzaa
2 . Nurmitasari Nurmitasari
3 . Rahman Cahyadi
How to Cite
Rona Muthi Jauzaa, Nurmitasari, N., & Rahman Cahyadi. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika. Eksponen, 14(1), 40–47. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1017

Downloads

Download data is not yet available.