Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Open-Ended Kelas VIII SMP

Published: Apr 30, 2024

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis pendekatan open-ended berbantuan aplikasi flipbook dalam memahami konsep lingkaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian menghasilkan produk E-LKPD berbasis pendekatan open-ended pada materi lingkaran. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Tahap uji coba produk dilakukan kepada 30 peserta didik kelas VIII D MTs Ma'arif 02 Kota Gajah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Hasil penilaian dari validasi ahli materi dan ahli media menghasilkan nilai rata-rata persentase 93,05% dengan kriteria validasi yaitu “Sangat Valid”. Hasil analisis dari angket respon peserta didik pada tahap uji coba terbatas memperoleh rata-rata persentase sebesar 85,55% dengan kriteria kepraktisan “Sangat Praktis”. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Open-Ended valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Authors:
1 . Sofia
2 . Selvi Loviana
How to Cite
Sofia, & Loviana, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Open-Ended Kelas VIII SMP. Eksponen, 14(1), 63–73. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1070

Downloads

Download data is not yet available.