Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII pada Salah Satu SMP Negeri di Bandung

Published: Apr 30, 2024

Abstract:

Satu dari sekian banyak masalah dalam belajar matematika ialah ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dasar dari kegiatan belajar matematika adalah kemampuan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini ialah guna mengevaluasi penguasaan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Bandung berdasarkan tahapan Polya untuk materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Soal tes digunakan sebagai metode pengumpulan data yang berkaitan relasi dan fungsi kepada siswa, sehingga jawaban mereka dapat dievaluasi dengan menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) siswa menunjukkan kemampuan memecahkan masalah dengan menyatakan apa yang mereka ketahui pada soal, tetapi menunjukkan kurangnya kebiasaan menuliskan apa yang ditanyakan pada tahap memahami masalah; (2) sebagian besar siswa mampu memformulasikan variabel dan memodelkan masalah pada tahap mengembangkan rencana penyelesaian; (3) Sebagian siswa melakukan kekeliruan dalam perhitungan selama tahap pelaksanaan rencana; dan (4) siswa cenderung membuat kesimpulan tanpa mengevaluasi kembali hasil yang mereka peroleh selama tahap memeriksa kembali. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Bandung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cukup.

Keywords:
1. Kemampuan Pemecahan Masalah; Relasi dan Fungsi
Authors:
1 . Nyayu Indah Nur Sakinah
2 . Asyifa Anggun Sari
3 . Ni Putu Gya Ranitya Septiana
4 . Tatang Herman
5 . Aan Hasanah
How to Cite
Sakinah, N. I. N., Sari, A. A., Septiana, N. P. G. R., Herman, T., & Hasanah, A. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII pada Salah Satu SMP Negeri di Bandung. Eksponen, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.975

Downloads

Download data is not yet available.