PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI CBT DALAM MUTU LAYANAN DI SMK

Published: Mar 9, 2024

Abstract:

Ujian dengan menggunakan cara konvensional atau kertas memiliki banyak kekurangan meliputi rawan dalam penyiapan bahan ujian, penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan ujian, perlu langkah scanning LJK dan scoring, membutuhkan biaya banyak, tenaga, waktu. Perlu adanya strategi penggunaan CBT dalam ujian agar lebih efektif dan efisien. Dalam pelaksanaan ujian dengan menggunakan CBT, siswa akan merasakan secara langsung sehingga akan memiliki suatu pandangan atau persepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi CBT dalam mutu layanan pendidikan khususnya dalam proses ujian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan CBT sebagai media yang di gunakan dalam pelaksanaan ujian semester berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat melalui angket repon siswa, yang menunjukkan hampir 78% siswa merasa senang saat mengikuti ujian semester manggunakan CBT. Selain itu pengoperasiaan CBT yang mudah membuat pelaksanaan ujian menggunakan CBT lebih parktis dan efisien.

Authors:
1 . Imam Rosyidin
2 . Dian Hidayati
How to Cite
Rosyidin, I., & Hidayati, D. (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI CBT DALAM MUTU LAYANAN DI SMK. Eksponen, 14(1). Retrieved from https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/818

Downloads

Download data is not yet available.