Komsospol

KOMSOSPOL journal publishes original research and/or library analysis on Communication Studies which focuses on the study of:
Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibility (CSR), Content analysis and framing, libraries and information, Marketing Communication, Organizational Communication, Political Communication , Cultural Studies, Ethics and Communication Philosophy, Information Communication Technology (ICT), Health Communication, Disaster Communication, New Media.

Readmore

KOMSOSPOL journal publishes original research and/or library analysis on Communication Studies which focuses on the study of:
Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibility (CSR), Content analysis and framing, libraries and information, Marketing Communication, Organizational Communication, Political Communication , Cultural Studies, Ethics and Communication Philosophy, Information Communication Technology (ICT), Health Communication, Disaster Communication, New Media.

ISSN
2829-6427 (printed) | 2809-2074 (online)
Published
2023-05-31

Articles

Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui strategi komunikasi persuasif pasca pembelajaran daring

Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui strategi komunikasi persuasif pasca pembelajaran daring

Pembelajaran secara daring yang telah dilaksanakan diberbagai wilayah di Indonesai akibat pandemi COVID-19 menjadi pengalaman yang berkesan. Pembelajaran daring menjadi pilihan dan diyakini dapat mempermudah proses pembelajaran selama pandemi. Namun, dampak dari kekurangan pembelajaran daring juga perlu segera diperhatikan. Pembelajaran daring dinilai kurang interaktif sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami pembelajaran dan guru tidak dapat secara maksimal mengawasi peserta didik. Akibatnya, terdapat penurunan karakter pada diri peserta didik. Para stakeholder tentu perlu segera melakukan upaya-upaya dalam merevitalisasi kembali pendidikan karakter khsuusnya dalam kesempatan pembelajaran tatap muka yang saat ini dapat dilaksanakan kembali. Implementasi komunikasi persuasif menjadi salah satu strategi dalam melakukan penguatan tesebut. Peneltiain ini bertujuan untuk menganalisis revitalisasi pendidikan karakter melalui strategi komunikasi persuasif pada SMA Bina Mulya Gadingrejo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa SMA Bina Mulya Gadingrejo mempunyai strategi komunikasi persuasif yang dilaksanakan melalui serangkain proses manajemen yang meliputi, pembuatan, pelaksanaan dan evaluasi program-program pembinaa, perencanaan unsur-unsur komunikasi dalam setiap program hingga teknik komunikasi persuasif asosiasi dan integrasi yang sering diterapkan.

Representasi Ibu Pintar Pada Tayangan Iklan Blue Band

Representasi Ibu Pintar Pada Tayangan Iklan Blue Band

Iklan merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan dengan cara yang menarik. Tidak hanya visual yang disajikan, namun juga tulisan, dan audio yang terdapat pada iklan juga menarik sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan. Pada iklan Blue Band, mengangkat peran sosok ibu pintar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana iklan mampu merepresentasikan sosok ibu pintar yang terdapat pada tayangan iklan Blue Band yang dikaji melalui semiotika Roland Barthes dengan menganalisis melalui tanda dan simbol dalam makna denotasi, konotasi, dan mitos. Adapun hasil penelitian ini  adalah adanya makna ibu pintar yang digambarkan dalam iklan Blue Band yang ditandai dengan simbol dan tanda.

MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA (BAMUSI) PDI PERJUANGAN

MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) sebagai organisasi keagamaan sayap partai PDI Perjuangan menampilkan berbagai performance di platform media digital. Seni berpolitik yang dilakukan PDI Perjuangan melalui Bamusi mengambil peran di ruang digital, dan memperkuat keberadaan PDI Perjuangan. Menuju pemilu 2024 partai politik perlu intens dalam melakukan perfoma di media digital. Penelitian ini menggunakan teori manajemen reputasi digital, yaitu teori management reputasi dari Charles J. Formbun. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan Bamusi menyadari pentingnya promosi melalui media sosial tetapi cenderung fokus pada target posting. Dalam hal perencanaan, ditemukan beberapa kendala dalam pengelolaan media sosial dan masih kurangnya evaluasi terhadap kegiatan tersebut. Bamusi menggunakan Instagram dan YouTube untuk mempromosikan koleksi, layanan dan kegiatannya. Bamusi TV untuk mengelola konten, dimulai dari mendiskusikan konten yang mau ditampilkan sesuai dengan momentum-momentum dan kemudian mencari strategi untuk menciptakan konten yang berbeda.    

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK UMKM BASRENG ENDUL DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARNESS

The product marketing communication strategy to create Brand Awareness in UMKM (Micro, Small, Medium Enterprises) is formed from the growth of consumer interest in the snacks being sold, flavor variants in food products, as well as the potential for developing UMKM in facing increasingly fierce market competition. Of course, this cannot be separated from the marketing communications strategy that must be carried out to overcome competition. This research aims to determine the marketing communication strategy for Basreng Endul UMKM products in creating Brand Awareness. This type of research is qualitative descriptive research, by collecting data through interviews, observations and literature studies which aim to analyze and explain descriptively, namely describing to explain an object and phenomenon which will be expressed in writing and sentences. Based on the results of research conducted in the field, it can be concluded that the marketing communication strategy carried out by UMKM for Endul basreng products is to carry out points in the marketing communication mix with a focus on direct marketing through social media (Direct Marketing), word of mouth promotion. mouth or go directly into the field to offer or recommend products to consumers (Personal Selling), create attractive promotional pamphlets to introduce products (Advertising). Visual communication and recommendations are factors that influence the creation of brand awareness. This strategy is used in marketing Basreng Endul UMKM products in creating Brand Awareness.

ANALISIS SISTEM INFORMASI YANG ADA PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

The system can be defined as an organized component or variable that interacts with each other to carry out the same goal, resulting in input, output processing.  Analysis of Information Systems at Diskominfo North Lampung is part of the use of developing a system, especially Diskominfo North Lampung has four main areas, namely, E-government, Statistics, coding, and infocomm, all of which are interrelated, the analysis is carried out using interviews and direct observation methods,  The purpose of this analysis is to determine the performance of information systems in each field in Diskominfo North Lampung, especially in conveying information.  As a result of these observations, there are several things that must be addressed, ranging from manual archiving which should be converted to digital, the delivery of information should follow media trends and submission of problems in the scope of the website.  From the analysis carried out, it produces an output in the form of advice on the livelihood of information media in accordance with trends and prototypes of the Appoinmen system that will be used as a means of consultation about website problems within the North Lampung agency with the instruments used Flowcard, user and admin data, and the figma application UI/UX design software Appointment.