MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA (BAMUSI) PDI PERJUANGAN MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA

Published: May 31, 2023

Abstract:

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) sebagai organisasi keagamaan sayap partai PDI Perjuangan menampilkan berbagai performance di platform media digital. Seni berpolitik yang dilakukan PDI Perjuangan melalui Bamusi mengambil peran di ruang digital, dan memperkuat keberadaan PDI Perjuangan. Menuju pemilu 2024 partai politik perlu intens dalam melakukan perfoma di media digital. Penelitian ini menggunakan teori manajemen reputasi digital, yaitu teori management reputasi dari Charles J. Formbun. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan kajian pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan Bamusi menyadari pentingnya promosi melalui media sosial tetapi cenderung fokus pada target posting. Dalam hal perencanaan, ditemukan beberapa kendala dalam pengelolaan media sosial dan masih kurangnya evaluasi terhadap kegiatan tersebut. Bamusi menggunakan Instagram dan YouTube untuk mempromosikan koleksi, layanan dan kegiatannya. Bamusi TV untuk mengelola konten, dimulai dari mendiskusikan konten yang mau ditampilkan sesuai dengan momentum-momentum dan kemudian mencari strategi untuk menciptakan konten yang berbeda.

Authors:
1 . Marini Marini
2 . Desi Lestari
How to Cite
Marini, M., & Lestari, D. (2023). MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA (BAMUSI) PDI PERJUANGAN: MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA. Komsospol, 3(1), 31–43. https://doi.org/10.47637/komsospol.v3i1.814

Downloads

Download data is not yet available.