Sienna

The Journal of Information Systems and Technology (SIENNA) has been published by the Faculty of Engineering and Computer Science (FTIK), University of Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) since July 2020. SIENNA contains manuscripts of research results in the fields of Information Systems, Information Technology, and Computer Science. SIENNA (P-ISSN: 2745-987X and E-ISSN: 2745-9861) is committed to publishing quality articles in Indonesian so that they can become the main reference for researchers in the fields of Informa... Readmore

Current Issue

The Journal of Information Systems and Technology (SIENNA) has been published by the Faculty of Engineering and Computer Science (FTIK), University of Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) since July 2020. SIENNA contains manuscripts of research results in the fields of Information Systems, Information Technology, and Computer Science. SIENNA (P-ISSN: 2745-987X and E-ISSN: 2745-9861) is committed to publishing quality articles in Indonesian so that they can become the main reference for researchers in the fields of Information Systems, Information Technology and Computer Science.

ISSN
2745-987X (printed) | 2745-9861 (online)
Published
2024-07-31

Articles

Sistem Informasi Pemesanan Produk Optik Berbasis Web-Mobile pada Popo Optikal 2 Lampung Utara

Perkembangan teknologi informasi mendorong banyak bisnis untuk bertransformasi digital, namun Popo Optikal 2 di Lampung Utara masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan data barang, reservasi pemeriksaan mata, dan pengarsipan pesanan, yang menyebabkan proses bisnis menjadi lambat dan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan sistem informasi optik berbasis web-mobile untuk Popo Optikal 2, yang akan membantu dalam penjadwalan reservasi pemeriksaan mata, pengelolaan produk seperti lensa dan frame, serta pengarsipan laporan pesanan dan pendaftaran. Sistem ini dikembangkan dengan metode waterfall dan pengumpulan data kualitatif, menggunakan bahasa pemrograman PHP Native dan database MySQL. Diharapkan sistem ini meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan data dan pemesanan di Popo Optikal 2.   

Manajemen Bandwidth Router Mikrotik Menggunakan Metode Simple Queue di Laboratorium Komputer SMA Swasta Kemala Bhayangkari KotabumiBhayangkari

ABSTRAK Teknologi informasi merupakan bidang yang mengelola bermacam-macam bidang meliputi perangkat keras, perangkat lunak sistem informasi, bahasa pemrograman dan konstruksi data. Jaringan internet yang stabil menjadi penunjang kelancaran sistem informasi. Saat ini internet telah menjadi kebutuhan yang digunakan untuk menunjang kelancaran sistem informasi. Koneksi internet yang tidak stabil menjadi salah satu penghambat kelancaran pada sistem informasi maka diperlukan manajemen bandwidth yang baik. SMAS Kemala Bhayangkari adalah salah satu sekolah yang telah menggunakan internet guna menunjang kelancaran kerja namun koneksi internet tersebut tidak selalu memberikan kanyamanan bagi pengguna. Manajemen bandwidth sangat dibutuhkan agar koneksi internet dapat didistribusikan secara merata. Dibutuhkan sebuah router mikrotik untuk mengatur bandwidth agar koneksi pada pengguna lebih stabil. Metode Simple Queue menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam mengatur arus lalulintas data. Dengan menggunakan metode Simple Queue koneksi internet di SMAS Kemala Bhayangkari lebih stabil berbeda dengan kondisi sebelumnya.

The Public Sentiment Analysis on the Implementation of the Independent Curriculum through YouTube Comment Data Using K-Nearest Neighbors and Naïve Bayes Classification Algorithms.

This research aims to conduct a public sentiment analysis on the implementation of the Merdeka Curriculum through YouTube comment data using the K-Nearest Neighbors (K-NN) and Naïve Bayes classification algorithms. The Merdeka Curriculum is an educational program launched by the Indonesian government in 2020 to improve the quality of education in Indonesia. The research method used is quantitative, with stages including data collection, data preprocessing, and sentiment classification modeling using the K-NN and Naïve Bayes algorithms. The research results show that the K-NN algorithm performs better than the Naïve Bayes algorithm in classifying public sentiment towards the implementation of the Merdeka Curriculum. The K-NN algorithm with the best k value of 11 achieved an accuracy of 79.70%, precision of 77.20%, recall of 79.70%, and an f1-score of 77.65%, with an AUC value of 0.91, indicating excellent classification performance. In contrast, the Naïve Bayes algorithm achieved an accuracy of 53.82%, precision of 72%, recall of 53.82%, an f1-score of 59%, and an AUC value of 0.75, which falls into the fair category.  

Pengembangan E-Certificate EPT Lembaga Bahasa dan Seni Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

Sertifikat pada Lembaga Bahasa Universitas Nahdlatul Ulama Lampung masih dilakukan secara manual.  Pengembangan E-sertificate diharapkan dapat memudahkan sehingga pembuatan lebih efisien.  Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Lembaga Bahasa Universitas Nahdlatul Ulama Lampung.  Metode pengembangan yang digunakan adalah waterfall yang dikenal dengan Software Development Life Cycle (SDLC).  Tahapan metode pengembangan waterfall terdiri dari empat tahapan yaitu: system engineering & analysis, design, coding, dan testing & maintenance.  E-certificate dirancang berbasis website.  Framework yang digunakan adalah codeigniter 3 yang memiliki syntax yang terstruktur.  Aplikasi ini akan mengoptimumkan pembuatan  sertifikat kompetensi bahas inggris di Lembaga Bahasa.

Perancangan dan Implementasi Game Edukasi Tebak Gambar dan Angka Sebagai Media Pembelajaran Calistung (Baca,Tulis, dan Berhitung) Taman Kanak-Kanak Berbasis Android

Penggunaan Teknologi Informasi (TI) telah menciptakan dampak signifikan dalam berbagai aspek masyarakat modern. Pendidikan, khususnya di tingkat taman kanak-kanak (TK), juga perlu memanfaatkan TI untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Meskipun demikian, sejumlah TK, termasuk TK Dharma Wanita, masih mengalami kendala dalam pemanfaatan TI dalam media pembelajaran. TK Dharma Wanita saat ini menggunakan metode pembelajaran manual dengan media pembelajaran seperti buku, papan tulis, dan gambar poster. Tetapi banyak anak yang tidak menyukai pelajaran tertentu yang dianggap sulit seperti membaca dan berhitung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan merancang dan mengimplementasikan game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran calistung (Baca, Tulis, dan Berhitung) di TK. Game ini melibatkan tebak gambar, pengenalan huruf abjad dan hijaiyah, serta pembelajaran berhitung, memberikan alternatif yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam proses belajar. Dengan memanfaatkan teknologi, pembelajaran Calistung menggunakan game edukasi berbasis android di TK dapat menjadi lebih menarik dan efektif. Dalam pengembangan game edukasi ini penulis menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development life cycle). Hasil dari implementasi game edukasi Ayo Belajar ini dapat menambah daya tarik siswa untuk lebih giat belajar.

Sistem Informasi Oleh-Oleh Khas Lampung (Kue Basah dan Kering) Berbasis Web Mobile Studi Kasus: CV Safa Permata

  Lampung terkenal dengan berbagai macam oleh-oleh khasnya, baik kue basah maupun kue kering. Namun, informasi mengenai oleh-oleh tersebut masih sulit diakses dan tersebar. Hal ini menyebabkan calon konsumen merasa kesulitan dalam mencari dan membeli oleh-oleh khas Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi oleh-oleh khas Lampung kue basah dan kering berbasis web mobile. Sistem ini akan menyediakan informasi mengenai berbagai macam oleh-oleh khas Lampung, termasuk nama, deskripsi, gambar, harga. Sistem ini juga akan dilengkapi dengan fitur pencarian, penjualan dan pemesanan online. Pengembangan sistem ini menggunakan metodologi waterfall. Alat dan teknologi yang digunakan adalah Visual Studio Code, PHP Native, MYSQL, dan Google Chorome. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi oleh-oleh khas Lampung kue basah dan kering berbasis web mobile dapat membantu pelanggan dalam mencari dan membeli oleh-oleh khas Lampung dengan mudah dan efisien.

Pengembangan Game Edukasi Berbasis Website

Pengembangan game edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas yang menyenangkan pada pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), dan Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, desain game, pengembangan, uji coba serta evaluasi, dan game edukasi ini menunjukan hasil penelitian yang secara signifikan mampu meningkatkan minat belajar anak-anak dan membantu mereka untuk memahami konsep dasar seperti angka, huruf, sayuran,buahan, dan juga hewan, dengan demikian game edukasi ini dapat memberikan hal positif terhadap perkembangan anak-anak pada tahap awall pendidikan mereka. 

Sistem Inferensi Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Tingkat Kualitas Air Pada Kolam Budidaya Ikan Lele

This study explores the position of catfish as a major aquaculture commodity in Indonesia. In 2013, Indonesia dominated global catfish production with a market share of 75.6%. Despite the higher growth rate of catfish farming compared to other commodities, production did not meet the set targets. The government is working to strengthen national catfish production and enhance its role as a leading commodity in Indonesia. The advantages of catfish lie in its content of leucine and lysine, which are important for children's growth and nitrogen balance. Environmental factors such as freshwater pH (6.5-8.6), optimal temperature (23-30°C), oxygen levels (2-5 mg/L), and ammonia levels (5-7 mg/L) affect the water quality in catfish farming ponds. Natural and human factors such as extreme weather and overfeeding can impact the living conditions and growth of catfish. This study aims to investigate the relationship between pond water quality and catfish growth. The methods used include confusion matrix and Tsukamoto fuzzy logic to determine the accuracy of the water quality assessment system. The main objective of this research is to provide solutions and benefits for the community or the field of study.

Indexer Sites