Gambaran Kriminologi Kejahatan Gaming Mengambil Perangkat Status (Studi di Polres Lampung Barat) Kriminologi

Published: Dec 27, 2022

Abstract:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dua hal, pertama untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana perjudian di Lampung Barat melalui alat-alat yang berada di wilayah hukum Polres Lampung Barat, dan kedua untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan. Polres Lampung Barat. Polda Lampung dalam pemberantasan tindak pidana perjudian.
Penelitian dilakukan di Kabupaten Lampung Barat khususnya di Polres Lampung Barat dengan menggunakan metode penelitian, teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

Faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana perjudian yang dilakukan oleh Aparat Kepolisian Negara Lampung Barat:

Pertimbangan agama minor, faktor lingkungan, faktor ekonomi, faktor kebiasaan/hobi, Aparat negara di bawah naungan Polres Lampung Barat berupaya melakukan upaya preventif dan represif terhadap tindak pidana perjudian yaitu;

Dalam hal ini, individu harus membangun kontrol sosial dalam dirinya melalui tindakan preventif yang harus dilakukan oleh setiap elemen, termasuk individu. Berikutnya adalah masyarakat, masyarakat harus menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungannya, saling menghormati, mengikuti aturan dan melaporkan kejahatan. Yang terakhir adalah polisi, polisi harus menasihati dan menginformasikan tentang akibat perjudian dan melakukan patroli rutin untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Pengadilan juga memainkan peran penting dalam memberantas kejahatan perjudian yang sering dilakukan oleh pejabat pemerintah.

Authors:
Mohammad Idran
How to Cite
Idran, M. (2022). Gambaran Kriminologi Kejahatan Gaming Mengambil Perangkat Status (Studi di Polres Lampung Barat): Kriminologi. Jurnal Hukum Legalita, 4(2), 129–146. Retrieved from https://jurnal.umko.ac.id/index.php/legalita/article/view/632

Downloads

Download data is not yet available.