Strategi Komunikasi Orangtua dalam Pengajaran Sholat Lima Waktu pada Anak Usia Dini

Published: Jun 24, 2024

Abstract:

Abstrak

Kewajiban umat beragama Islam dalam melaksanakan Sholat lima waktu dan telah dipelajari semenjak usia dini. Anak usia dini dianggap dapat menyerap apapun yang dilihat dan didengarnya serta mengikuti apa yang orangtua lakukan. Peneliti ingin mengkaji lebih jauh mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh orangtua dalam mengajarkan sholat lima waktu pada anak. Informan dalam penelitian ini adalah Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Raden Intan Lampung yang memiliki anak dalam rentang usia 2-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tradisi studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam.Teori dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi oleh Harold D. Laswell dan teori behaviorisme oleh Skinner. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori strategi komunikasi Harold D. Laswell dimana model komunikasi yang digunakan adalah komunikasi interpersonal dan dengan pendekatan teori behaviorisme Skinner dimana anak menjadi terbiasa melihat orangtua rutin dalam melaksanakan sholat lima waktu sehingga anak dengan sukarela mengikuti hal tersebut. menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Orangtua dalam Pengajaran Sholat Lima Waktu pada Anak telah berhasil menciptakan komunikasi yang efektif demi mencapai tujuan utama dari mengajarkan shalat lima waktu pada anak.

The obligation of Muslims in performing the five dailyprayers has been studied since early childhood. Young children are considered capable of absorbing anything they see and hear and following what their parents do. Researchers aim to further examine the communication strategies used by parents in teaching the five daily prayers to their children. The informants in this study are Faculty of Da'wah and Communication Sciences (FDIK) lecturers at UIN Raden Intan Lampung who have children aged 2-6 years old. This study uses a qualitative method with a case study tradition and data collection techniques using in-depth interviews. The theories in this study are the communication strategy theory by Harold D. Laswell and behaviorism theory by Skinner. The results of this study are in line with Harold D. Laswell's communication strategy theory where the communication model used is interpersonal communication and with the behaviorism theory approach by Skinner where children become accustomed to seeing their parents regularly performing the five daily prayers so that children willingly follow suit. This indicates that Parental Communication Strategies in Teaching the Five Daily Prayers to Children have successfully created effective communication to achieve the main goal of teaching children the five daily prayers.

Keywords:
1. Komunikasi
2. Komunikasi; Profetik; Keluarga; Manusia; Kenabian.
Authors:
1 . Fiqih Amalia
2 . Ade Nur Istiani
How to Cite
Amalia, F., & Nur Istiani, A. (2024). Strategi Komunikasi Orangtua dalam Pengajaran Sholat Lima Waktu pada Anak Usia Dini. Komsospol, 4(1). Retrieved from https://jurnal.umko.ac.id/index.php/komsospol/article/view/1269

Downloads

Download data is not yet available.