Edukasi Lingua Sastra

Edukasi Lingua Sastra  (e-ISSN: 2621-0673 and p-ISSN: 1693-9263) is journal that published since 2002 (printed version) by University of Muhammadiyah Kotabumi. This journal publishes original papers researching such as; results of critical studies, research results in education, literary language and literature and language education.  Edukasi Lingua Sastra  has regularly published two times a year in April and September. The procedure starts with the submission process, plagiarism check, review, revision, plagiar... Readmore

Announcements 1

Current Issue

Edukasi Lingua Sastra  (e-ISSN: 2621-0673 and p-ISSN: 1693-9263) is journal that published since 2002 (printed version) by University of Muhammadiyah Kotabumi. This journal publishes original papers researching such as; results of critical studies, research results in education, literary language and literature and language education.  Edukasi Lingua Sastra  has regularly published two times a year in April and September. The procedure starts with the submission process, plagiarism check, review, revision, plagiarism check, and finally publish.

 

Readmore
ISSN
1693-9263 (printed) | 2621-0673 (online)
Published
2023-09-28
Accreditation
sinta-4

Articles

TOKOH FIKSI RADEN SALEH DALAM RELASI BARAT-TIMUR DAN PEMANFAATAN SEBAGAI BAHAN AJAR

Masyarakat di negara jajahan menjadi masyarakat yang berada pada belenggu paradigma oposisi Barat-Timur. Bangsa Barat dipandang memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan bangsa Timur. Indonesia adalah salah satu negara bekas jajahan. Fenomena relasi Barat-Timur di negara Indonesia cukup terasa, salah satunya dalam hal karya sastra sebagai produk budaya. Persoalan relasi Barat-Timur tercermin pada tokoh-tokoh novel yang ditulis oleh penulis Indonesia, salah satunya adalah tokoh bernama Raden Saleh dalam novel Pangeran Dari Timur. Penelitian ini mencoba untuk menggali bagaimana posisi tokoh Raden Saleh sebagai tokoh dalam novel melalui kajian poskolonial serta bagaimana implikasi penelitian tersebut sebagai bahan ajar sastra di sekolah. Tokoh Raden Saleh dalam novel tersebut dilihat posisinya pada relasi yang timpang antara Barat dan Timur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data novel Pangeran Dari Timur. Data penelitian ini adalah narasi tentang tokoh Raden Saleh dalam novel Pangeran Dari Timur. Data dikumpulkan dengan teknik analisis isi kualitatif. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Raden Saleh sebagai orang dari kaum Timur tetap dianggap primitif dan bodoh meskipun ia terbiasa hidup dalam lingkungan Eropa. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar sastra yang mendorong siswa berpikir kritis dan kreatif.

Internalisasi Nilai Religius dalam Novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia dan Pembelajarannya di Sekolah Menengah Atas

Dalam penelitian ini dibahas internalisasi nilai religius dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia dan pembelajarannya di sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai religius pada novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia dan mendeskripsikan perencanaan pembelajarannya di sekolah menangah atas. Metode yang digunakan ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga nilsi religius dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan diri sendiri dan manusia dengan manusia lain. Novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran di sekolah menengah atas karena telah memenuhi kriteria dari aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya. Guru dapat menginternalisasikan nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel tersebut kepada siswa berdasarkan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri atas pembukaan, inti pembelajaran dan penutup.

MODEL PEMBELAJARAN LITERASI NUMERIK BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE DI SEKOLAH DASAR

Penelitian ini bertujuan untuk mempersiapkan seperangkat pengembangan model pembelajaran literasi numerik berbasis Developmentally Appropriate Practice (DAP) pada kelas awal sekolah dasar. Pendekatan penelitian ini adalah R&D ( Research and Development ) dan secara khusus digolongkan ke dalam jenis penelitian pengembangan program pengajaran yang dilaksanakan di kelas 2 SD Soekarno Hatta Kotabumi Lampung Utara. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran literasi numerasi berbasis DAP di kelas 2 SD Sukarno Hatta dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dari skor rata-rata awal 55,71 menjadi skor rata-rata 86,42. Setelah dilakukan pengembangan model dan guru menerapkannya pada pembelajaran di kelas awal, hasil belajar mengalami peningkatan tertinggi sebesar 50,00 dan terendah sebesar 10,00. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi numerasi siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran literasi numerasi di SD Sukarno Hatta Kotabumi Lampung yang sangat signifikan ditunjukkan dari t hitung = 14,096 dengan nilai p 0,001 . Dengan demikian rancangan model pembelajaran literasi numerasi berbasis DAP dapat dijadikan alternatif pilihan guru dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar awal.

ANALISIS CITRA SOSIAL TOKOH UTAMA NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF

Many negative prejudices arise when a woman becomes a widow. However, out there, many widows become single parents and successfully support their families without relying on a man. This is the issue in this research, which is how the image of the female main character in the novel "Layangan Putus" as a social individual is depicted. The method used in this research is qualitative descriptive. The data collection method in this research involves text analysis and the classification of stories from the literature sources examined in the data corpus. In total, 49 data points were found in the novel "Layangan Putus." In this research, each aspect is divided into the social image of women within the family and the social image of women in society.   Banyak prasangka negatif yang muncul ketika seorang wanita menjadi janda. Namun, di luar sana, banyak janda yang menjadi orang tua tunggal dan berhasil menyokong keluarganya tanpa bergantung pada seorang pria. Hal tersebut merupakan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana citra wanita tokoh utama pada novel layangan putus sebagai pribadi yang hidup bersosial. Metode dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan analisis teks serta klasifikasi cerita dari sumber-sumber literatur yang diselidiki dalam korpus data. Secara keseluruhan data yang ditemukan pada novel Layangan Putus  berjumlah 49 data. Pada penelitian ini masing-masing aspek tersebut terbagi menjadi, citra sosial wanita dalam keluarga dan citra sosial wanita dalam masyarakat.

CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL LA BARKA KARYA NH. DINI DAN KIM JI-YEONG LAHIR TAHUN 1982 KARYA CHO NAM JOO (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)

Problematika mengenai stereotip perempuan tidak sedikit dimanfaatkan oleh pengarang dalam membangun struktur cerita. Citra perempuan dalam kajian sastra bandingan dalam novel La Barka karya Nh. Dini dengan novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam Jo mengambarkan stereotip perempuan dalam masyarakat. Tujuan penelitian mengetahui perbandingan kedua novel dari sisi unsur intrinsik dan citra perempuan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan kritik sastra feminis. Hasil penelitian (1) unsur intrinsik dan (2) citra perempuan. Persamaan unsur intrinsik, yaitu tema feminisme, tokoh perempuan, alur campuran, gaya bahasa majas hiperbola dan sarkasme, dan amanat tuntunan menjaga hubungan keluarga. Sedangkan, perbedaanya latar tempat novel La Barka di Perancis/La Barka; novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 di Korea/Seoul dan sudut pandang dalam novel La Barka persona pertama; novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 persona ketiga. Citra perempuan dalam novel La Barka, citra diri perempuan ditemukan aspek fisik ialah mengandung, hamil, bersolek kebutuhan merias diri; citra psikis rasa kasih sayang, saling keterkaitan, orientasi sosial, dan memiliki daya berpikir baik. Citra sosial perempuan, aspek keluarga bahwa perempuan patuh dan taat kepada suaminya; aspek masyarakat bahwa perempuan menjaga penampilan di masyarakat. Citra perempuan dalam novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 citra diri perempuan ditemukan aspek fisik ialah menstruasi, melahirkan anak, mual-mual tanda hamil, dan bentuk wajah serta serta hidung; citra psikis ialah saling keterkaitan dan berpikir. Citra sosial, aspek keluarga bahwa perempuan  taat dan beretika terhadap suaminya; aspek masyarakat perempuan menjaga perilaku diri di masyarakat.

The Analisis Penyimpangan Prinsip Kesopanan pada Berita dalam Surat Kabar Senator.ID yang Berjudul PJS Lampung Kecam Penangkapan dan Intimidasi Wartawan

Media massa memiliki kekuatan untuk memilih realitas mana yang akan dijadikan berita dan mana yang tidak. Dalam pekerjaan jurnalisme, peristiwa konflik diangkat dalam media massa. Isi berita yang disajikan oleh media massa dapat menentukan citra atau pandangan masyarakat terhadap suatu objek tertentu. Informasi dalam berita didapat dengan menggunakan berbagai macam cara, salah satunya wawancara. Wawancara sering dipandang sebagai suatu hal yang sederhana. Dalam wawancara, semua orang memiliki kemampuan untuk berpendapat atau beragumen, tidak jarang dalam wawancara dapat kita temui bentuk penyimpangan prinsip kesopanan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyimpangan prinsip kesopanan pada berita dalam surat kabar Senator.ID yang Berjudul PJS Lampung Kecam Penangkapan dan Intimidasi Wartawan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu metode baca dan catat. Berdasarkan hasil analisis deskriptif kualitatif yaitu terdapat tidak adanya penyimpangan maksim kebijaksanaan, 2 penyimpangan maksim kedermawanan, 2 penyimpangan maksim pujian, 1 penyimpangan maksim kerendahan, tidak adanya penyimpangan maksim kesepakatan, dan tidak adanya penyimpangan maksim simpati.

ANALISIS SEMIOTIKA TEORI ROLAND BARTHES DALAM PUISI “CINTA YANG AGUNG” KARYA KAHLIL GIBRAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji semiotika menggunakan teori Roland Barthes dalam salah satu puisi karya Kahlil Gibran berjudul “Cinta yang Agung”. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik sebagai alat analisis. Puisi "Cinta yang Agung" dipilih sebagai objek penelitian karena mengandung makna yang dalam dan kompleks, serta melibatkan penggunaan tanda-tanda dalam membentuk makna dan pesan yang tersembunyi. Penelitian yang akan dibahas, yaitu mengenai lima kode Roland Barthes dan menganalisis setiap tanda yang terdapat dalam data. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna dan pesan yang terkandung dalam puisi "Cinta yang Agung" karya Kahlil Gibran melalui analisis semiotik Roland Barthes.Kata kunci: Kajian Semiotika, Roland Barthes, Puisi

COOPERATIVE LEARNING IN FLIPPED CLASSROOM ON INDONESIAN EFL STUDENTS' READING PROFICIENCY: AN EXPERIMENTAL STUDY

Addressing the post-pandemic challenges in EFL classroom, teacher should empower their knowledge by exploring the potential methods to be applied in the classroom (Bawawa et al., 2021). Combining cooperative learning and flipped classroom can be a way for answering the challenges in post pandemic period. Some researchers have positively suggested about the integration of cooperative learning method in flipped classroom (Erbil, 2020; Linling & Abdullah, 2023). However, the studies about the combination of these methods are still limited (Aslan, 2022; Foldnes, 2016). Therefore, this research attempts to examine cooperative learning implication in flipped classroom effects for EFL students’ reading achievement during post-pandemic period. This study employs the quasi-experimental research. The experimental group is taught using the integration of cooperative learning into flipped classroom model, whereas, control group is taught using conventional instruction. The findings reveal that the students who learn in experimental group have better reading performance than those who learn in control group. The finding also presents that the integration of cooperative learning and flipped classroom have statistically significant effects towards reading proficiency. Thus, this study proposes an adaptive instructional model to enhance students’ English language communication and skills.

Implementation of Mutammimah Book Learning on the Ability to Read the Kutub al-Turats in Madrasah Riyadlotusy Syubban Ponorogo

This study discusses the implementation of learning the mutammimah book on the ability to read the kutub al-turats at Madrasah Riyadlotusy Syubban Ponorogo.

The kutub al-turats is the source of knowledge for Muslims after the Holy Qur'an and Hadith. Practically and theoretically, the ability to read the yellow book has degenerated. This requires follow-up to overcome practical and theoretical problems in the kutub al-turats. This study discusses the implementation of learning the mutammimah book on the ability to read the kutub al-turats at Madrasah Riyadlotusy Syubban Ponorogo. This study used a qualitative method, by describing the Mutammimah book learning method and its implications for the ability to read the yellow book. Sources of data were obtained by direct observation, as well as interviews with 1 Madrasah head, 4 Ustad and 7 students. Data analysis used content analysis which included data reduction, data display and conclusion. The results of the study show that learning the mutammimah book is capable of being a solution to practical and theoretical problems in the ability to read the kutub al-turats in Madrasah Riyadlotusy Syubban.

Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Integritas dalam Novel Rasa Karya Tere Liye

Permasalahan dalam penelitian ini adalah krisis karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai penguatan karakter integritas dalam novel Rasa karya Tere Liye. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data novel Rasa  karya Tere Liye. Objek penelitian ini kata/ kalusa/kalimat/paragraf yang mengandung nilai penguatan pendidikan karakter integritas dalam novel Rasa karya Tere Liye. Pengumpulan data pada penelitian ini berbasis teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu (1) redukasi data, (2) penyajian dan analisis data, (3) penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan data nilai karakter integritas  dengan subnilai tanggung jawab dan keteladanan. Nilai integritas  ini berkaitan dengan sikap untuk dapat dipercaya baik dalam tindakan dan perbuatan maupun komitmen dan kesetiaan pada nilai kemanuasiaan dan moral pada umumnya atau secara universal. Nilai ini dapat dijadikan sebagai rujukan pembelajaran nilai pendidikan karakter di SMA

Indexer Sites