STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEH DAUN GAHARU “ALIANA” DI DESA SIMPANG PERLANG, KECAMATAN KOBA, KABUPATEN BANGKA TENGAH

Main Article Content

Abstract

Penduduk Indonesia sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Salah satu pertanian yang berpotensi sebagai industri ekonomis yakni industri teh daun gaharu. Teh daun gaharu merupakan salah satu teh yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Di Bangka Tengah terdapat UMKM yang dapat memproduksi teh daun gaharu yang cukup diminati masyarakat lokal, namun peluang bisnis tersebut masih dalam skala lokal. Tujuan penelitian in adalah merumuskan strategi pengembangan usaha teh daun gaharu di UMKM “Aliana” di Desa Simpang Perlang Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah dalam meningkatkan peminat kreasi teh daun gaharu. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan situasi yang sedang atau dihadapi atau mungkin akan dihadapi oleh organisasi atau usaha menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menggunakan matriks SWOT menunjukkan bahwa usaha teh daun gaharu “Sirup Aliana” memliki potensi sebagai industri yang menguntungkan karena memiliki cita rasa unik dan merupakan kreasi langka. Strategi pengembangan usaha teh daun gaharu yang dapat dilakukan antara lain : melakukan promosi, melakukan pelayanan yang memuaskan, menerapkan teknologi produksi, melakukan perluasan pemasaran, mendaftarkan ke BPOM, membuat inovasi kreasi produk, tambahan modal, konsisten dalam kualitas, serta mempertahankan cita rasa, meningkatkan kualitas produk, dan menambah variasi baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Authors:
Yulia
Keywords:
1. Analisis SWOT
2. Industri
3. Strategi Pengembangan
4. Teh Daun Gaharu
5. UMKM
Published: May 25, 2021

Article Details

Section
Articles