ANALISIS PEMASARAN USAHA KERIPIK SUKUN “DUA PUTRI” DI DESA BARU KECAMATAN MANGGAR KABUPATEN BELITUNG TIMUR

Main Article Content

Abstract

Keripik sukun merupakan salah satu usaha yang cukup diminati. Keripik sukun memiliki cita rasa yang nikmat. Konsumen keripik sukun semakin meningkat seiring meningkatnya variasi rasa dan olahan buah sukun. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui saluran pemasaran yang diterapkan pada UMKM “Dua Putri”, merumuskan strategi dan kendala kreasi-pemasaran kreasi keripik sukun. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran nol tingkat dan saluran pemasaran 1 tingkat. Strategi yang dapat diterapkan yakni mempertahankan hubungan antar karyawan, mempertahankan kualitas bahan dasar, mempertahankan kualitas kreasi, meningkatkan SDM guna menghasilkan kreasi berkualitas, menyediakan mesin kasir, meningkatkan citarasa kreasi, menyediakan lebih banyak sarana promosi, menciptakan inovasi kreasi, meningkatkan promosi dan melakukan inovasi dalam pemasaran. Kendala yang dihadapi oleh UMKM “Dua Putri” yaitu kompetisi dalam  kreasi yang sama, kompetisi dalam  harga, harga dan ketersediaan bahan dasar yang tidak stabil, serta SDM yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Authors:
Yulia
Boby Arya Putra
Keywords:
1. Analisis SWOT
2. Keripik Sukun
3. Saluran Pemasaran
4. Strategi Pemasaran
5. UMKM
Published: May 25, 2021

Article Details

Section
Articles