COOPERATIVE LEARNING METHOD; HOW IT DOES INFLUENCE SPEAKING SKILL AT THE TERTIARY LEVEL?

Published: Oct 20, 2018

Abstract:

Beberapa abad terakhir, penelitian pembelajaran Bahasa Inggris semakin berkembang dan konsep tentang pembelajaran kooperatif menjadi suatu hal yang banyak dibahas oleh banyak peneliti selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menginvestigasi pengaruh pembelajaran kooperatif—metode group investigasi—terhadap keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental design dengan non-equivalent pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil secara purposive dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Kotabumi. Mereka dibagi menjadi dua kelas yaitu group eksperimen (N:34) dan group kontrol (N:34). Instrumen yang digunakan adalah tes performa berbicara. Validasi instrument menggunakan expert-judgement dan inter-rater reliability untuk menguji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam berbicara menjadi lebih baik setelah diberi perlakuan metode pembelajaran kooperatif. Lebih jauh lagi, hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi informasi yang berguna untuk peneliti yang akan datang yang akan menggali lebih jauh tentang metode pembelajaran kooperatif terutama jenis group investigasi.

Keywords:
1. cooperative learning,
2. quasy experimental design,
3. kemampuan berbicara,
4. hasil belajar
Authors:
Asep Hardianto
How to Cite
Hardianto, A. (2018). COOPERATIVE LEARNING METHOD; HOW IT DOES INFLUENCE SPEAKING SKILL AT THE TERTIARY LEVEL?. Edukasi Lingua Sastra, 16(2), 106–115. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i2.99

Downloads

Download data is not yet available.