THE EFFECTIVENESS OF ACROSTICS METHOD IN IMPROVING STUDENTS VOCABULARY ACHIEVEMENT AT SEVENTH GRADE STUDENTS OF MTS AL- FURQON PRABUMULIH

Published: Oct 20, 2018

Abstract:

Masalah penelitian ini berkaitan dengan penggunaan metode akrostik dalam mengajar kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode akrostik efektif digunakan dalam pengajaran kosakata kepada siswa kelas tujuh Madrasah Tsanawiyah Al-Furqon Prabumulih. Dalam penelitian ini, metode pra-eksperimen digunakan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Al-Furqon Prabumulih. Jumlah total populasi penelitian ini adalah 121 siswa dan sampel adalah 31 siswa untuk kelompok eksperimen yang diambil dengan menggunakan cluster sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tes ini terdiri dari 26 item dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh melalui tes dan analisis dilakukan dengan menggunakan t-test independen di SPSS 21. Hasilnya ditemukan skor rata-rata pretest adalah 34,23 dan skor rata-rata post-test adalah 74,56. Dan berdasarkan perhitungan t-test, nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 kurang dari tingkat signifikansi (a = 0,05). Nilai t diperoleh = 11,549 lebih dari ttabel = 1,693 dengan df = 32, dan nilai og Sig. (2 - tailed) adalah 0,000. Itu kurang dari tingkat signifikansi (a = 0,05). Berdasarkan hasil ot t-test yang telah diberikan, dapat disimpulkan bahwa efektif mengajar kosa kata dengan menggunakan metode acrostics kepada siswa kelas tujuh Madrasah Tsanawiyah Al Furqon Prabumulih.

Keywords:
1. Metode Acrostics,
2. Prestasi dalam kosakata,
3. Keefektifan
Authors:
Henny Yulia
How to Cite
Yulia, H. (2018). THE EFFECTIVENESS OF ACROSTICS METHOD IN IMPROVING STUDENTS VOCABULARY ACHIEVEMENT AT SEVENTH GRADE STUDENTS OF MTS AL- FURQON PRABUMULIH. Edukasi Lingua Sastra, 16(2), 86–90. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i2.96

Downloads

Download data is not yet available.