THE USE OF GROUP INVESTIGATION TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT TRIDINANTI UNIVERSITY OF PALEMBANG

Published: May 15, 2018

Abstract:

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan Teknik Investigasi Kelompok terhadap kemampuan berbicara pada mahasiswa semester tiga di Universitas Tridinanti Palembang pada tahun akademik 2017/2018. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen. Perlakuan dilakukan dalam tiga pertemuan, yaitu 2x50 menit untuk setiap kelas. Sampel diambil dari dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lain sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 10 mahasiswa. Di kelas eksperimen digunakan Teknik Investigasi Kelompok dan di kelas kontrol digunakan Teknik Menghafal Dialog. Sampel penelitian ini, yaitu mahasiswa semester tiga Program Studi Manajemen di Universitas Tridinanti Palembang. Dalam pegumpulan data digunakan instrumen tes lisan. Instrumen digunakan sebagai pretest dan posttest. Dalam analisis data digunakan SPSS untuk menghitung t-test sampel independen. Setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh bahwa sig. adalah 0,000. dan α = 0,05. Itu berarti Ha diterima karena sig. <α = 0,05. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan pengunaan Teknik Investigasi Kelompok terhadap kemampuan berbicara pada mahasiswa semester tiga di Universitas Tridinanti Palembang pada tahun akademik 2017/2018.

Keywords:
1. Teknik Investigasi Kelompok
2. Kemampuan Berbicara Mahasiswa
Authors:
Heru Setiawan
How to Cite
Setiawan, H. (2018). THE USE OF GROUP INVESTIGATION TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT TRIDINANTI UNIVERSITY OF PALEMBANG. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 91–99. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.88

Downloads

Download data is not yet available.