THE INFLUENCE OF THINK-ALOUD STRATEGY AND READING INTEREST TOWARD READING COMPREHENSION STUDENTS OF ADAB FACULTY IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

Published: May 15, 2018

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca dengan menggunakan strategi think-aloud dan strategi konvensional; (2) ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca antara strategi think-aloud dan teknik konvensional berdasarkan tingkat high level dalam minat membaca; (3) ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca antara strategi think-aloud dengan menggunakan teknik konvensional berdasarkan tingkat low level dalam minat membaca; (4) ada pengaruh interaksi dari strategi yang digunakan dan minat baca yang diajarkan terhadap prestasi pemahaman membaca. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester dua Fakultas Adab di IAIN Raden Fatah Palembang yang terdiri dari 248 siswa. Sampel penelitian ini adalah 84 mahasiswa dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian ini dikategorikan dalam (low and high interest). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman membaca antara strategi Think-aloud dan strategi konvensional. (2) ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman membaca antara strategi think-aloud dengan menggunakan teknik konvensional berdasarkan high interest dalam minat membaca. (3) ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman membaca antara strategi think-aloud dengan menggunakan teknik konvensional berdasarkan low interest minat membaca. (4) ada pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi think-aloud dan minat membaca terhadap pemahaman membaca.

Keywords:
1. Strategi Think-aloud
2. Minat Membaca
3. Pemahaman Membaca
Authors:
Nyayu Yayu Suryani
How to Cite
Suryani, N. Y. (2018). THE INFLUENCE OF THINK-ALOUD STRATEGY AND READING INTEREST TOWARD READING COMPREHENSION STUDENTS OF ADAB FACULTY IAIN RADEN FATAH PALEMBANG. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 66–83. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.85

Downloads

Download data is not yet available.