COMPREHENDING CLASSROOM INTERACTION DEPICTED IN EDUCATIONAL VIDEO BY APPLYING TOP-DOWN AND BOTTOM-UP TECHNIQUE THROUGH LSLC BASED LEARNING

Published: May 15, 2018

Abstract:

Artikel ini menganalisis tentang bagaimana Lesson Study for Learning Community (LSLC) berkontribusi pada hasil belajar siswa. Suatu pembelajaran berbasis LSLC di kelas menyimak telah diadakan oleh penulis untuk mengetahui lebih jauh lagi bagaimana suatu pembelajaran kolaboratif mempengaruhi kemajuan siswa. Tujuan artikel ini adalah memberi gambaran bagaimana siswa memahami interaksi kelas yang digambarkan dalam video pembelajaran dengan pengaplikasian tekhnik top-down dan bottom-up melalui pembelajaran berbasis LSLC. Hasil pembelajaran di kelas menunjukkan bahwa dengan mengelompokkan siswa ke dalam distribusi kelompok yang setara dapat menarik siswa untuk mempunyai keberanian yang lebih besar dalam mengekspresikan pendapat, menunjukkan empati bagi setiap anggota kelompok dalam memahami materi, dan memiliki tujuan akhir bahwa setiap anggota kelompok harus mendapatkan pengetahuan yang sama. Di luar perbedaan tingkat pemahaman yang disebabkan oleh kemampuan siswa, pembelajaran berbasis LSLC berhasil membuat siswa memiliki usaha yang lebih untuk meningkatkan potensi diri mereka.

Keywords:
1. Interaksi kelas
2. tekhnik top-down
3. tekhnik bottom-up
4. pembelajaran berbasis LSLC
Authors:
Rini Susilowati
How to Cite
Susilowati, R. (2018). COMPREHENDING CLASSROOM INTERACTION DEPICTED IN EDUCATIONAL VIDEO BY APPLYING TOP-DOWN AND BOTTOM-UP TECHNIQUE THROUGH LSLC BASED LEARNING. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 127–140. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.84

Downloads

Download data is not yet available.