PROSES KEGIATAN PENGKAJIAN PEMBELAJARAN SECARA KOLABORATIF DAN BERKELANJUTAN BERLANDASKAN PRINSIP KOLEGIALITAS DAN MUTUAL LEARNING UNTUK MEMBANGUN LEARNING COMMUNITY (Lesson Study for Learning Community)

Published: May 15, 2018

Abstract:

Lesson Study adalah kegiatan kolaboratif dari sekelompok pendidik untuk secara bersama-sama: (1) merencanakan pembelajaran (plan), (2) salah seorang pendidik (disebut guru/dosen model) melaksanakan pembelajaran di depan kelas dan pendidik lain (disebut observer) mengamati jalannya proses pembelajaran (do), dan (3) melakukan refleksi atau melihat lagi (see) pembelajaran yang telah dilaksanakannya, guna menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran yang mungkin muncul. Fokus pengamatan para pendidik dalam kegiatan lesson study adalah mengamati peserta didik atau kelompok peserta didik yang saling belajar. Observer tidak hanya mengamati masalah pada diri seorang peserta didik atau kelompok peserta didik. Observer menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab kegiatan belajar peserta didik tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Berdasarkan hasil pengamatan observer serta melihat rekaman video dan evaluasi kegiatan peserta didik, guru/dosen model dapat menarik kesimpulan atas pembelajaran yang Ia laksanakan. Dengan demikian kegiatan lesson study bagi para pendidik ini akan benar-benar menjadi forum belajar untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

Keywords:
1. mutual learning
2. learning community
3. lesson study
Authors:
Rahmat Prayogi
How to Cite
Prayogi, R. (2018). PROSES KEGIATAN PENGKAJIAN PEMBELAJARAN SECARA KOLABORATIF DAN BERKELANJUTAN BERLANDASKAN PRINSIP KOLEGIALITAS DAN MUTUAL LEARNING UNTUK MEMBANGUN LEARNING COMMUNITY: (Lesson Study for Learning Community). Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 58–65. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.79

Downloads

Download data is not yet available.