THE IMPLEMENTATION OF LESSON STUDY TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI)

Published: May 15, 2018

Abstract:

Untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama ditingkat perguruan tinggi STKIP Muhammadiyah Kotabumi dibutuhkan upaya dan usaha tenaga pendidik atau dosen yang dapat memperbarui dan meningkatkan pembelajaran agar hasil belajar meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh para dosen, yaitu dengan menerapkan lesson study karena lesson study merupakan suatu proses kolaboratif atau model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning. Untuk membangun learning community dilakukan tiga tahapan, yaitu plan, do, dan see. Dalam tahap plan dosen model menyampaikan lesson design yang sudah dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran pada mata kuliah vocabulary development program studi pendidikan bahasa Inggris semester satu kelas A. Dosen model menyiapkan lembar kerja mahasiswa untuk mengukur tingkat pemahaman terhadap materi yang sudah dipelajari. Pada tahap do melalui model pembelajaran TAI, dosen menyuruh mahasiswa untuk membentuk kelompok beranggotakan 3 sampai 4. Dosen menjelaskan materi pembelajaran, setelah itu setiap mahasiswa pada masing-masing kelompok diberi lembar kerja yang pada awalnya mereka harus mengerjakanya masing-masing dan kemudian mereka dapat berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya. Jika mereka sudah selesai, dosen mengecek hasil kerjanya dengan cara mahasiswa mempresentasikanya ataupun juga dengan dibahas bersama-sama. Dosen jaga memberi apresiasi pada setiap kelompok yang dapat menjawab dengan benar, pada tahap ini dosen lainnya sebagai pengamat mengamati kegiatan mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Tahap yang terahir, yaitu see, pada tahap ini dosen model beserta para dosen lain atau para pengamat dipandu dengan moderator menyampaikan temuan-temuan selama proses pembelajaran dan memberikan saran.Hal ini bertujuan untuk perbaikan agar proses pembelajaran pada tahap berikutnya lebih baik dan meningkat.

Keywords:
1. Lesson Study
2. Vocabulary Development
3. TAI
Authors:
Rulik Setiani
How to Cite
Setiani, R. (2018). THE IMPLEMENTATION OF LESSON STUDY TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI). Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 33–38. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.76

Downloads

Download data is not yet available.