CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL LA BARKA KARYA NH. DINI DAN KIM JI-YEONG LAHIR TAHUN 1982 KARYA CHO NAM JOO (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)

Published: Sep 28, 2023

Abstract:

Problematika mengenai stereotip perempuan tidak sedikit dimanfaatkan oleh pengarang dalam membangun struktur cerita. Citra perempuan dalam kajian sastra bandingan dalam novel La Barka karya Nh. Dini dengan novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam Jo mengambarkan stereotip perempuan dalam masyarakat. Tujuan penelitian mengetahui perbandingan kedua novel dari sisi unsur intrinsik dan citra perempuan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan kritik sastra feminis. Hasil penelitian (1) unsur intrinsik dan (2) citra perempuan. Persamaan unsur intrinsik, yaitu tema feminisme, tokoh perempuan, alur campuran, gaya bahasa majas hiperbola dan sarkasme, dan amanat tuntunan menjaga hubungan keluarga. Sedangkan, perbedaanya latar tempat novel La Barka di Perancis/La Barka; novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 di Korea/Seoul dan sudut pandang dalam novel La Barka persona pertama; novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 persona ketiga. Citra perempuan dalam novel La Barka, citra diri perempuan ditemukan aspek fisik ialah mengandung, hamil, bersolek kebutuhan merias diri; citra psikis rasa kasih sayang, saling keterkaitan, orientasi sosial, dan memiliki daya berpikir baik. Citra sosial perempuan, aspek keluarga bahwa perempuan patuh dan taat kepada suaminya; aspek masyarakat bahwa perempuan menjaga penampilan di masyarakat. Citra perempuan dalam novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 citra diri perempuan ditemukan aspek fisik ialah menstruasi, melahirkan anak, mual-mual tanda hamil, dan bentuk wajah serta serta hidung; citra psikis ialah saling keterkaitan dan berpikir. Citra sosial, aspek keluarga bahwa perempuan taat dan beretika terhadap suaminya; aspek masyarakat perempuan menjaga perilaku diri di masyarakat.

Authors:
1 . Haryanto Hary
2 . Dian Hartati Dian
How to Cite
Hary, H., & Dian, D. H. (2023). CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL LA BARKA KARYA NH. DINI DAN KIM JI-YEONG LAHIR TAHUN 1982 KARYA CHO NAM JOO (KAJIAN SASTRA BANDINGAN). Edukasi Lingua Sastra, 21(2), 152–172. https://doi.org/10.47637/elsa.v21i2.701

Downloads

Download data is not yet available.
Author Biography

Dian Hartati Dian, Universitas Singaperbangsa Karawang

Salam.

Dian Hartati, S.S., M.Pd. ialah dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di FKIP-Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang)