FOSTERING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH CHANGE A STORY GAME AT JUNIOR HIGH SCHOOL LEVEL

Published: Apr 14, 2019

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game Change The Story terhadap penguasaan kosa kata siswa dan nilai rata rata penguasaan kosa kata
siswa yang telah belajar kosa kata melalui game Change The Story. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Jati Agung. Tes kosa kata
digunakan untuk mengukur penguasaan kosa kata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Change The Story mempengaruhi penguasaan kosa kata siswa. Terlebih lagi, nilai rata rata kosa kata siswa meningkat setelah diberi perlakuan dengan menggunakan game Change The Story sebagai media
pembelajaran kosa kata. Dengan kata lain, game ini berhasil memperbaiki penguasaan kosa kata siswa. Secara praktis game tersebut telah memberikan
efek terapi kepada siswa, sehingga mereka dapat memperoleh banyak kosa kata dari pada sekadar merubah isi cerita secara global. Hal ini dapat menjadi satu
hal yang menjanjikan bagi guru dan peneliti yang akan datang untuk lebih mengeksplorasi game ini pada keterampilan bahasa yang lain, disamping kosa
kata sebagai komponen bahasa. Hal ini disebabkan oleh tugas guru untuk mampu memfasilitasi siswa dalam belajar. Tugas ini bisa dilakukan dengan
cara memberdayakan strategi atau teknik yang tepat dan dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif dimana pembelajaran dalam kelas dapat mereka
rasakan seperti dunia mereka sendiri.

Keywords:
1. Cnange a Story Game
2. Penguasaan Kosakata
Authors:
Juni Hartiwi
How to Cite
Hartiwi, J. (2019). FOSTERING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH CHANGE A STORY GAME AT JUNIOR HIGH SCHOOL LEVEL. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 102–107. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.110

Downloads

Download data is not yet available.