THE IMPACT OF PICTURE SERIES TOWARDS STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT

Published: Apr 14, 2019

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan gambar berseri sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan menulis paragraf narasi siswa. Data dikumpulkan melalui dua test, yakni pre-test dan post-test terhadap dua kelompok siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas delapan (VIII) di SMP Negeri 22 Bandar Lampung yang terdiri dari 38 siswa dari kelas VIII-H sebagai kelompok kontrol dan 38 siswa dari kelas VIII-G sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen dikenakan perlakuan dengan media gambar berseri sedangkan kelompok control tidak diberi perlakuan. Data diolah dengan menggunakan uji-t
terhadap dua sample yang kenakan treatment yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat signifikansi 1% = 2.64, 5% =1.99, dan t-hitung = 12.16, dapat dikatakan bahwa tingkat signifikan lebih kecil dari t-hitung. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan gambar berseri terhadap kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan gambar berseri sebagai media pembelajaran paragraf
narasi untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Keywords:
1. Writing
2. Picture Series
3. Teaching
Authors:
Astirini Swarastuti
How to Cite
Swarastuti, A. (2019). THE IMPACT OF PICTURE SERIES TOWARDS STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 84–95. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.108

Downloads

Download data is not yet available.