A STUDY OF STUDENTS’ ATTITUDE TOWARD LEARNING ENGLISH OF THE TENTH GRADERS IN SMAN 1 ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA

Published: Apr 14, 2019

Abstract:

Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing banyak dipengaruhi oleh faktor baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang berasal
dari diri siswa yakni sikap yang direfleksikan siswa melalui tingkah laku mereka dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Bagaimana sikap yang
ditampilkan siswa akan menentukan tingkah laku, tindakan, dan keterlibatan siswa di dalam proses pembelajaran sehingga berujung pada tingkat pemahaman
siswa atau kesuksesan siswa dalam mempelajari suatu materi. Oleh karenanya, agar dapat mengimplementasikan sebuah strategi yang baik, seorang guru
penting untuk mengukur atau megetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran yang diimplementasikan sehingga akan menjadi bahan refleksi bagi guru untuk menentukan strategi yang akan diimplementasikan dalam rangka pencapaian target pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang akan menyelidiki sikap siswa terhapap pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan metode observasi. Subjek penelitian yakni kelas X IPA 5 di
SMAN 1 Abung Semuli yang terdiri dari 32 orang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama 8 (delapan) pertemuan diketahui bahwa siswa kelas X IPA 5 di SMAN 1 Abung Semuli merefleksikan sikap positif terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karenanya, disarankan agar guru terus mendesain aktivitas
pembelajarn yang mampu memunculkan sikap positif siswa terhadap proses pembelajaran Bahasa Inggris

Keywords:
1. Sikap
2. Pembelajaran Bahasa Inggris
3. Prilaku
Authors:
Elis Susanti
How to Cite
Susanti, E. (2019). A STUDY OF STUDENTS’ ATTITUDE TOWARD LEARNING ENGLISH OF THE TENTH GRADERS IN SMAN 1 ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 15–20. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.102

Downloads

Download data is not yet available.