ANALISIS MISKONSEPSI MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK ALJABAR PADA PROSES BERPIKIR MASON PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 LAMPUNG UTARA
Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses berpikir siswa yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar pada proses berpikir mason. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan tergolong dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Utara. Pemilihan subjek dilakukan dengan mempertimbangkan hasil jawaban siswa dengan tingkat Centernity of Response Index (CRI) yang tinggi Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung ialah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi terjadi pada tahap attack yaitu ketika penyelesaian soal dalam mengoperasikan bentuk aljabar yaitu perkalian dan penjumlahan suku tak sejenis.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.