IMPLEMENTASI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas implementasi model Problem Based Learning dengan media Augmented Reality (AR) pada siswa kelas VIII dengan sampel 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sample Random Sampling . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Augmented Realityefektif ditandai dengan hasil belajar kelas eksperimen pencapaian kriteria ketuntasan siswa minimal dan hasil belajar kelas eksperimen setelah penerapan model Problem Based Learning dengan media Augmented Reality lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.