Eksperimentasi Media Pembelajaran Math Bilbul Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Published: Sep 28, 2023

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara pembelajaran menggunakan media pembelajaran Math Bilbul dengan pembelajaran menggunakan buku paket ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Gadingrejo tahun ajaran 2022-2023. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik angket, dengan instrumen tes hasil belajar matematika dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara pembelajaran menggunakan media pembelajaran Math Bilbul dengan pembelajaran menggunakan buku paket ditinjau dari kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Namun, tidak ada interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan kemandirian belajar siswa

Authors:
1 . Zulfa Taufiqoh
2 . Noerhasmalina
3 . Nurmitasari
How to Cite
Taufiqoh, Z., Noerhasmalina, & Nurmitasari. (2023). Eksperimentasi Media Pembelajaran Math Bilbul Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Eksponen, 13(2), 114–125. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i2.708

Downloads

Download data is not yet available.