Kamus Digital Aksara Lampung Berbasis Web

Published: Jul 31, 2023

Abstract:

Bahasa Lampung merupakan bahasa daerah yang perlu dilestarikan di kalangan pelajar. Sayangnya, banyak pelajar zaman sekarang yang merasa malu atau enggan untuk menggunakan bahasa Lampung dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pentingnya pelajaran bahasa Lampung di sekolah untuk mengajarkan kepada para pelajar bahwa melestarikan bahasa daerah sama pentingnya dengan mempelajari bahasa internasional.

Untuk mendukung pelestarian bahasa Lampung dan mempermudah siswa dan guru dalam mencari makna kata atau frasa dalam bahasa Lampung, sebuah penelitian dilakukan di MTSN 1 Lampung Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah agar proses belajar dan mengajar bahasa Lampung, aksara Lampung, dan bahasa Inggris dapat dilakukan secara bersamaan. Hal ini memotivasi pembuatan kamus digital yang berfungsi sebagai alat bantu.

Aplikasi ini dirancang untuk mendukung sistem belajar mengajar di MTSN 1 Lampung Utara. Dengan menggabungkan Microsoft Visual Basic .NET 2010 dan MySql dengan metode prototype. Kamus digital ini telah dirancang dengan baik sehingga dapat digunakan oleh pengguna yang membutuhkannya, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih cepat dan efisien. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat yang membantu masyarakat dalam melestarikan bahasa Lampung dan meningkatkan pemahaman terhadap budaya dan bahasa daerah secara lebih luas.

Keywords:
1. Kamus
2. Digital
3. Aksara
4. Lampung
Authors:
M. Abu Jihad Plaza R
How to Cite
Plaza R, M. A. J. (2023). Kamus Digital Aksara Lampung Berbasis Web. Sienna, 4(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.umko.ac.id/index.php/sienna/article/view/840

Downloads

Download data is not yet available.