PENERAPAN METODE TECHNIQUE FOR OTHERSREFRENCES BY SIMILLARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) UNTUK PENENTUAN PEMBIAYAAN ULANG PADA PT.FIF GROUP CABANG KOTABUMI

Published: Dec 29, 2022

Abstract:

Persaingan dunia usaha yang ketat maka perusahaan harus pintar-pintar melihat peluang dan kebutuhan masyarakat, sehingga perusahaan mengeluarkan program Pembiayaan Ulang untuk para konsumen yang ingin menjaminkan kendaraannya dan pembayaran kendaraan tersebut dilakukan secara cicilan. Dalam penentuan pemberian Pembiayaan Ulang masih mengutamakan analisis karyawan yang diberi tugas dalam mensurvei kondisi konsumen yang akan mengajukan Pembiayaan Ulang pada FIF Group Kotabumi, sehingga dalam penentuan penerima kredit terkadang tidak objektif sehingga sering terjadi kredit macet yang menghambat perputaran uang pada FIF Group Kotabumi.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan salah satu solusi perusahaan yang membantu melakukan pengambilan keputusan terhadap konsumen layak atau tidak layak menerima pembiayaan pembiayaan ulang. Dibutuhkan suatu metode perhitungan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dengan banyak kriteria. Salah satu metode perhitungan yang digunakan adalah Metode Technique for Others Refrences by Simillarity to Ideal Solution (TOPSIS). Konsep dasar dari metode TOPSIS yang didasarkan pada konsep bahwa alternatif terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terjauh dari solusi ideal negatif.

Hasil dari sistem pendukung keputusanyang dibangun ini dapat menghasilkan keputusan yang lebih objektif. Menghasilkan 6 nasabah diterima dan 4 nasabah ditolak yang dapat digunakan sebagai rekomendasi penentuan kepada PT. FIF Group Cabang Kotabumi.

Authors:
1 . M. Abu Jihad Plaza R
2 . Adi Wibowo
3 . Ryan Aji Wijaya
How to Cite
Plaza R, M. A. J., Wibowo, A., & Wijaya, R. A. (2022). PENERAPAN METODE TECHNIQUE FOR OTHERSREFRENCES BY SIMILLARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) UNTUK PENENTUAN PEMBIAYAAN ULANG PADA PT.FIF GROUP CABANG KOTABUMI . Sienna, 3(2), 30–36. Retrieved from https://jurnal.umko.ac.id/index.php/sienna/article/view/671

Downloads

Download data is not yet available.