PUBLICATION ETHICS

Etika Publikasi

ETIKA KODE PENERBITAN JURNAL

  1. Mengidentifikasi nama jurnal, ruang lingkup ilmunya, timeline dan akreditasi.
  2. Mengidentifikasi keanggotaan dewan editorial.
  3. Hubungan antara penulis, penerbit, tinjauan sejawat, dan pihak kontrak lainnya dibuat.
  4. Menghargai kerahasiaan kontributor penelitian, penulis, editor, dan ulasan sejawat.
  5. Menerapkan norma dan regulasi hak kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan tinjauan kebijakan dan memperkenalkannya kepada penulis, komite penerbitan, peninjau sejawat, dan pembaca.
  7. Mempersiapkan editor dan pedoman kode perilaku peer review.
  8. Menerbitkan terbitan berkala secara teratur.
  9. Pastikan sumber daya tersedia untuk menerbitkan jurnal berkelanjutan.
  10. Membangun jaringan kerjasama dan pemasaran.
  11. Persiapan perizinan serta aspek hukum lainnya.

KODE ETIK EDITOR

  1. Peningkatan standar penerbitan.
  2. Menjaga kualitas makalah yang diterbitkan.
  3. Pimpin hak untuk mengutarakan pendapat.
  4. Menjaga integritas rekam jejak akademik penulis.
  5. Koreksi, klarifikasi, penarikan dan penyangkalan harus diserahkan.
  6. Penulis bertanggung jawab untuk menata dan memformat makalah, sedangkan isi dan setiap pernyataan dalam makalah menjadi tanggung jawab penulis.
  7. Mengevaluasi kebijakan dan sikap penulis dalam jurnal yang diterbitkan dan peer review untuk meningkatkan akuntabilitas dan meminimalkan kesalahan.
  8. Penulis atau pihak ketiga yang mungkin berkontribusi pada penilaian palsu mencegah membela pandangan kita sendiri.
  9. Mendorong penulis untuk memperbaiki dokumen sampai layak diterbitkan.

ETIKA KODE MEREVIEW

  1. Editor memiliki tanggung jawab untuk mengevaluasi dokumen dan mengirimkan review ke penerbit untuk menentukan kelayakan makalah.
  2. Mengkaji makalah secara tepat waktu (tepat waktu) sesuai dengan pedoman ilmiah (Proses pengumpulan data, legalitas penulis, hasil, dll.).
  3. Memeriksa catatan yang dikoreksi sesuai dengan standar.
  4. Memotivasi penulis untuk mengembangkan dokumen dengan menawarkan review, umpan balik, umpan balik dan nasihat.
  5. Menjaga privasi penulis dengan meliput temuan dan rekomendasi yang diperoleh dari penulis.
  6. Peninjau tidak akan menganalisis dokumen yang secara langsung atau tidak langsung melibatkan pengulas dalam pekerjaan mereka.
  7. Mengikuti kriteria peer review untuk review artikel dan evaluasi jenis dokumen appraisal editor.
  8. Mengkaji makalah secara substansial dengan tidak mengoreksi tata bahasa, tanda baca, dan salah ketik.
  9. Menjamin prinsip realitas, kebaruan dan orisinalitas; memprioritaskan manfaat makalah untuk penelitian, teknologi dan pengembangan inovasi; juga menyadari efeknya pada tulisan berbasis sains.
  10. Penulis atau pihak ketiga yang mungkin menimbulkan referensi keputusan dilarang dalam mempertahankan penilaian mereka sendiri karena tidak objektif.
  11. Meningkatkan makna obyektif dan bebas dari pengaruh.
  12. Pastikan bahwa hasil makalah tetap dirahasiakan sebelum dipublikasikan.
  13. Keahlian umum diketahui dan makalah dapat direview secara akurat dan benar.
  14. Jangan periksa apakah studi tidak di sektor spesialis. Sebaliknya, jika ada ahli lain dalam topik tersebut, peer review harus memberikan rekomendasi peneliti.
  15. Bersikaplah terbuka untuk mempertimbangkan sudut pandang baru atau pandangan orang-orang yang berbeda dari pandangan pribadi Anda.
  16. Tolak pemeriksaan jika batas waktu editor tidak dapat dipenuhi. Jika ulasan sejawat kurang editor harus diberitahu secepatnya.
  17. Harus ada argumen yang jujur, obyektif dan jelas untuk hasil tinjauan. Beberapa saran dari review tersebut adalah:
  18. Diterima tanpa diperbaiki
  19. Perbaikan kurang diterima (Tidak perlu pergi ke peer review setelah perbaikan oleh penulis).
  20. Diterima untuk perbaikan besar (Kembali ke tinjauan sejawat untuk revisi setelah perbaikan oleh penulis).
  21. Ditolak dan direkomendasikan untuk rilis lebih lanjut.
  22. Ditolak dan direkomendasikan agar tidak ada publikasi yang diterbitkan karena makalah tersebut secara ilmiah cacat bagi masyarakat.
  23. Menolak rekomendasi terakhir sebagai pilihan akhir yang berkaitan dengan kelayakan dan / atau menunjukkan pelanggaran serius terhadap kode etik penulis.
  24. Dokumen yang telah ditinjau tidak boleh digunakan untuk kepentingan individu atau pihak ketiga. Selain itu, penulis harus memiliki izin untuk menggunakan sebagian isi makalah yang direview.

ETIKA KODE PENULIS / PENULIS ARTIKEL

  1. Penulis bertanggung jawab atas pekerjaan dan isi makalah yang meliputi metode, analisis, perhitungan dan detail.
  2. Penulis menanggapi dengan segera, secara profesional dan segera, komentar dari tinjauan sejawat.
  3. Jika makalah penulis ditarik, TheY harus memberi tahu editor.
  4. Penulis menjelaskan batasan penelitian.
  5. Penulis harus menghormati penerbit jika dia mensyaratkan agar hasilnya tidak dipublikasikan sebelum dipublikasikan melalui wawancara dan media lain.
  6. Penulis memberi tahu editor dokumen yang merupakan bagian dari studi bertahap, pendekatan multidisiplin, dan berbagai perspektif.
  7. Penulis menyatakan bahwa makalah yang akan diterbitkan adalah asli, tidak diterbitkan dimanapun dan tidak diserahkan kepada penerbit lain.
  8. Jika terjadi kesalahan, penulis harus segera memberi tahu editor atau penerbit.
  9. Izin tertulis dan ucapan terima kasih harus diberikan atas penggunaan dokumen dari publikasi berhak cipta lainnya.
  10. Penulis merujuk, jika sesuai, pada karya orang lain dalam kutipan dan kutipan yang digunakan dalam makalah.
  11. Penulis harus menyebutkan peneliti / penulis / pendiri sebelumnya saat menyampaikan penemuan baru atau menyempurnakan penemuan.
  12. Jika penulis tidak membaca terbitan tersebut, ia tidak dapat memberikan daftar pustaka dari terbitan tersebut.
  13. Penulis menyiapkan bukti atas permintaan bahwa penelitian telah memenuhi persyaratan etika penelitian, termasuk catatan lapangan.
  14. Jika komentar atau umpan balik dibuat setelah publikasi, penulis memberikan tanggapan yang memadai.

Panduan Penulis

            Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi(SIENNA) (P-ISSN: 2745-987X dan E-ISSN: 2745-9861) adalah jurnal yang diterbitkan sejak tahun 2020 oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer bekerjasama dengan LPPM, Universitas Muhammadiyah Kotabumi. SIENNA dimaksudkan sebagai jurnal universitas untuk menerbitkan artikel yang melaporkan hasil studi kritis, hasil penelitian di bidang Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Ilmu Komputer. Adapun persyaratan naskah jurnal-jurnal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Penulisan harus orisinal, berupa artikel tentang pemikiran teoritis atau (sebaiknya) penelitian empiris di bidang tertentu sesuai dengan spesifikasi jurnal.
  2. Panjang penulisan minimal 8 halaman dan maksimal 15 halaman (termasuk daftar pustaka), diketik dengan spasi 1,5 pada kertas A-4 dengan margin kiri 3 cm dan kanan, atas, dan bawah 2,5 cm.
  3. Artikel diketik di komputer menggunakan MS Word, kami menyarankan Anda menggunakan Times New Roman Font 12.
  4. Artikel penelitian empiris memuat judul, nama penulis, dan afiliasinya, abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia 150-200 kata), kata kunci, dan isinya. Isi ditulis secara sistematis dan persentase jumlah halaman:
    1. pendahuluan (tanpa sub judul) berupa ringkasan tinjauan pustaka yang menggambarkan latar belakang, masalah dan tujuan, kerangka berpikir, dan hipotesis (25%);
    2. metode penelitian yang memuat, desain / desain, sampel / sumber data, alat ukur, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data [15%],
    3. hasil [25%],
    4. diskusi [30%],
    5. kesimpulan dan saran [5%], dan
    6. Bibliografi.
  5. Artikel review kritis-teoritis memuat judul penulis, nama dan afiliasinya, abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia, 150-200 kata), kata kunci, dan isinya. Isi ditulis secara sistematis dan persentase halaman: (a) pendahuluan (tanpa sub judul) yang memuat pernyataan latar belakang, masalah, tujuan, dan ruang lingkup (15%); (b) diskusi (dibagi menjadi beberapa sub judul) yang berisi tinjauan pustaka dan hasil analisis kritis [75%]; (c) kesimpulan dan saran [10%]; dan (d) daftar referensi.
  6. Cantumkan tempat dan tanggal penyelesaian dan revisi artikel di akhir artikel.
  7. Biografi singkat penulis dan identitas penelitian dicantumkan sebagai catatan kaki di halaman pertama artikel.
  8. Sumber pustaka dibuat di body note dengan mencantumkan nama belakang semua pengarang (untuk pengarang lebih dari tiga, hanya satu orang disertai "dkk"), tahun terbit di kurung buka dan tutup. Kutipan mengikuti standar APA (American Psychological Association). Semua sumber referensi ditulis lengkap pada daftar pustaka di akhir naskah berdasarkan urutan abjad sebagai berikut.
    • Untuk buku: (a) nama belakang / belakang, (b) koma, (c) nama depan, (d) tanda titik, (e) tahun terbitan dalam tanda kurung buka dan tutup, (f) tanda titik, (g) judul dan subjudul dicetak miring, (h) titik, (i) kota penerbitan, (j) titik dua, (k) nama penerbit, dan (l) tanda titik;
    • Untuk artikel dalam jurnal / majalah ilmiah: (a) nama belakang / belakang, (b) koma, (c) nama depan, (d) tanda titik, (e) tahun terbitan dalam tanda kurung buka dan tutup, (f) titik, (g) kutipan terbuka, (h) judul artikel, (i) titik, (j) kutipan tertutup (k) nama jurnal dicetak miring (l) koma, (m) volume, (n) koma, (o) angka (p ) titik. Jika artikel tersebut diterbitkan dalam sebuah buku, cantumkan kata "In" sebelum nama editor buku tersebut; dan
    • Untuk artikel dalam jurnal yang diunduh dari internet: (a) nama belakang / akhir, (b) koma, (c) nama depan, (d) periode, (e) tahun publikasi dalam tanda kurung buka dan tutup, (f) periode , (g) judul artikel, (h) titik, (i) nama jurnal dicetak miring (j) koma, (k) volume, (l) angka dalam tanda kurung buka dan tutup (m) koma, (n) halaman, (o ) titik, (p) kata "Diperoleh dari", (q) alamat situs.
  9. Menyerahkan artikel paling lambat dua bulan sebelum bulan terbit melalui laman jurnal.umko.ac.id untuk dosen dan juma.umko.ac.id untuk mahasiswa.
  10. Kepastian penerbitan atau penolakan artikel akan diberitahukan melalui laman jurnal.umko.ac.id untuk dosen dan juma.umko.ac.id untuk mahasiswa.