Students’ Self-Esteem of the First Year English Education Study Program in STKIP Muhammadiyah Kotabumi

Published: Jan 11, 2018

Abstract:

Self-Esteem (nilai diri) merupakan salah satu aspek dalam diri siswa yang berada pada ranah afektif (psikologi). Self-esteem merupakan aspek yang penting untuk diukur atau diketahui karena merupakan suatu persepsi tentang bagaimana seseorang memberikan penilaian terhadap dirinya sendiri. Dengan mengetahui bagaimana nilai yang diberikan siswa kepada diri mereka sendiri, guru akan mampu lebih selektif dalam menerapkan strategi pembelajaran agar mampu mencapai hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan bagaimana self-esteem (nilai diri) mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Muhamamadiyah Kotabumi terhadap 50 orang mahasiswa sebagai sampel yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket yang disusun dengan skala Likert untuk selanjutnya dianalisis dan dikategorisasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 28% mahasiswa memiliki self-esteem yang tinggi, 66% mahasiswa dengan kategori sedang, dan 6% siswa memiliki self-esteem yang rendah. Oleh karenanya, disarankan agar dosen yang mengajar pada kelas itu membantu agar mahasiswa tersebut tetap dapat mempertahankan self-esteem (nilai diri) yang positif yang sudah dimiliki serta mampu membantu mahasiswa dengan self-esteem (nilai diri) yang rendah untuk membangunnya menjadi positif atau tinggi melalui penerapan strategi yang relevan.

Keywords:
1. Self Esteem
2. Learning Strategies
3. Affective
Authors:
Elis Susanti
How to Cite
Susanti, E. (2018). Students’ Self-Esteem of the First Year English Education Study Program in STKIP Muhammadiyah Kotabumi. Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 20–30. https://doi.org/10.47637/elsa.v15i2.64

Downloads

Download data is not yet available.